Hotel dengan layanan syariah


Hotel dengan layanan syariah -Istilah hotel syariah masih agak asing, namun di kota-kota besar seperti Jakarta dibuat terpana oleh kiprah Grup Hotel Sofyan (HS) yang hijrah dari hotel konvensional menjadi hotel syariah sejak2002. 

Adalah big boss Riyanto Sofyan yang  nekad ganti baju busana muslim untuk ke tiga hotelnya di Jakarta. Sebagai pionir hotel berbintang yang menerapkan sistem syariah.  

Kini prospek hotel syariah moncreng seiring dengan maraknya trend bank syariah. Terbukti di tengah lesunya bisnis hotel tak menggoyahkan eksistensi hotel syariah, malah deman stabil di atas 70% tingkat hunian, dan ini cukup menguntungkan mengingat biaya operasional hotel pada umumnya 35% dari tingkat hunian. 
 
Hal ini juga akan dilakukan oleh Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Jawa Tengah menggagas hotel syariah di Semarang, yang diungkapkan oleh ketua PHRI Heru Isnawan. 

Dia menambahkan keuntungan menginap di hotel syariah memiliki beberapa manfaat yakni dijamin hanya menyediakan makanan dan minuman halal.

Dilarang sekamar untuk tamu non-muhrim, tersedia quran dan sajadah dalam kamar, tersedia musholla dalam hotel yang mengumandangkan azan 5 waktu. Hal ini dilatarbelakangi karena pengunjung selama ini sulit untuk mencari hotel tersebut.